Surya Paloh dan Presiden Jokowi Bertemu, Ini Tanggapan PKB

(Gambar: Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Jokowi dan Surya Paloh dikabarkan melakukan pertemuan di Istana Negara, Jakarta, Minggu (18/02/24). Src: Tribunnews.com)

SURYA PALOH DAN PRESIDEN JOKOWI BERTEMU, INI TANGGAPAN PKB

TEROPONG-MEDIA.COM | POLITIK - Ketua Fraksi PKB DPR RI, Cucun Ahmad Syamsurijal, menyatakan bahwa pihaknya menghargai jika Partai NasDem memilih untuk bergabung dengan pemerintah ke depan setelah bertemu dengan Presiden Joko Widodo hari ini. Menurut hasil hitung nyata sementara dari KPU, pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, unggul dengan meraih 57 persen suara. Dengan demikian, kemungkinan besar pasangan Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan memimpin pada tahun 2024 mendatang.

Cucun menyatakan bahwa pihaknya tidak ingin berspekulasi apakah pertemuan tersebut merupakan langkah Presiden Jokowi untuk mendapatkan dukungan dari NasDem. Namun, jika memang benar, ia akan menghormati keputusan dari Partai NasDem. 

"Kita tidak dapat mengira-ngira, itu hak dari Partai NasDem," ucap Cucun saat ditemui di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Minggu (18/02/24).

Ia juga menyebutkan bahwa pertemuan antara Surya Paloh dan Presiden Jokowi tidak pernah dikomunikasikan dengan timnas Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN). Menurutnya, Surya Paloh tidak berkewajiban melaporkan rencana pertemuan tersebut kepada partai-partai koalisi perubahan. 

"Tidak ada koordinasi terkait pertemuan ketum ketum partai di koalisi AMIN. Tidak ada," katanya.

Cucun menegaskan bahwa setiap partai memiliki hak untuk melakukan pertemuan dengan siapapun tanpa harus memberitahukan kepada partai lain. Sebelumnya, Partai NasDem telah mengkonfirmasi bahwa Presiden Joko Widodo memanggil Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, ke Istana Negara pada hari Minggu.

Bendahara Umum Partai NasDem, Ahmad Sahroni, membenarkan kabar tersebut dan menyatakan bahwa Surya Paloh akan menemui Presiden Jokowi di Istana. Sahroni menambahkan bahwa kedatangan Paloh ke Istana adalah karena undangan dari Presiden Jokowi, bukan atas inisiatif pribadi.

Pertemuan antara Surya Paloh dan Presiden Jokowi dianggap sebagai hal yang biasa dan hanya sebagai bagian dari silaturahmi. Sahroni tidak memberikan tanggapan lebih lanjut apakah pertemuan tersebut merupakan upaya Presiden Jokowi untuk mendapatkan dukungan dari NasDem untuk pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

(H/S)

Posting Komentar untuk "Surya Paloh dan Presiden Jokowi Bertemu, Ini Tanggapan PKB"