Pulau Sangiang: Harga Tiket Masuk, Fasilitas & Rute Ke Lokasi 2024

PULAU SANGIANG: HARGA TIKET MASUK, FASILITAS & RUTE KE LOKASI 2024

TEROPONG-MEDIA.COM | TRAVEL - Pulau Sangiang adalah sebuah pulau vulkanik di Indonesia yang terletak di Selat Sunda, antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatra. Pulau ini merupakan bagian dari Kabupaten Banten, Provinsi Banten, Indonesia. Pulau Sangiang memiliki luas sekitar 13,5 km persegi dan memiliki ketinggian sekitar 202 meter di atas permukaan laut. Pulau ini terkenal karena keindahan alamnya, seperti pantai berpasir putih, air laut yang jernih, serta pemandangan gunung berapi yang menakjubkan. Selain itu, Pulau Sangiang juga menjadi tujuan favorit bagi para penyelam karena terumbu karangnya yang indah.

Fasilitas Pulau Sangiang

Pulau Sangiang merupakan sebuah pulau kecil yang masih alami, sehingga fasilitas yang tersedia di sana masih terbatas. Namun, beberapa fasilitas yang tersedia di Pulau Sangiang antara lain:

Akomodasi

Terdapat beberapa penginapan yang disediakan oleh warga setempat dengan fasilitas yang sederhana, seperti kamar tidur dan kamar mandi.

Restoran

Terdapat beberapa warung makan yang menyajikan makanan khas daerah setempat dengan harga yang terjangkau.

Alat-alat Snorkeling

Terdapat beberapa penyewaan alat snorkeling bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan bawah laut.

Perahu wisata

Terdapat beberapa perahu wisata yang dapat disewa untuk berkeliling di sekitar pulau dan menikmati pemandangan alamnya.

Namun, karena Pulau Sangiang masih terbilang alami dan belum terlalu dikembangkan sebagai destinasi wisata, maka fasilitas yang tersedia di pulau ini masih terbatas. Wisatawan diharapkan untuk membawa perbekalan dan perlengkapan yang cukup sebelum mengunjungi pulau ini.

Harga tiket Masuk Pulau Sangiang

Bagi anda yang tertarik mengunjungi pantai pasir putih ini, sebaiknya pertimbangkan teman atau keluarga mana yang ingin anda ajak.

Kenapa? karena tempat wisata ini tidak seperti pantai lainnya yang memungut biaya per orang (retribusi).

Untuk dapat mengunjungi kawasan pantai ini, Anda harus membayar Rp. 2.000.000 untuk menyeberang ke Pulau Sangiang.

Dengan harga tersebut, kapasitas perahu bisa menampung hingga 20 orang. Jadi akomodasi di atas dapat berpatungan bersama-sama.

Objek Wisata Pulau Sangiang

1. Bangunan Jepang Masa Perang Dunia II

Bangunan yang terdapat di kawasan Pantai Sangiang ini merupakan peninggalan Jepang pada masa Perang Dunia II.

Nah, selain berwisata dan berlibur, kamu juga bisa mengabadikan momen di salah satu tempat bersejarah di Indonesia ini.

2. Tempat yang tepat untuk berkemah

Jika anda berkunjung ke pulau ini untuk backpacker, sebaiknya bawa tenda sendiri jika tidak ingin menginap di loji atau villa, hal ini untuk menekan biaya.

Dengan mendirikan tenda di dekat pantai, Anda bisa menikmati Batu Raden, View Tower, Tembok Berlin atau Rawa Tembuyung.

Sudah tersedia tempat camping yang bisa anda gunakan, jangan lupa untuk meminta izin terlebih dahulu kepada petugas jaga.

3. Spot untuk Snorkling

Pulau Sangiang merupakan destinasi wisata yang populer untuk aktivitas snorkeling. Di sana, terdapat beberapa spot snorkeling yang menarik, di antaranya:

Karang Ayam

Spot snorkeling ini terkenal dengan keindahan karangnya yang masih utuh dan berwarna-warni. Anda bisa melihat berbagai jenis ikan tropis yang berenang di antara karang yang indah.

Karang Cangkir

Spot snorkeling ini terletak di sebelah selatan Pulau Sangiang dan memiliki keanekaragaman hayati laut yang kaya. Anda dapat melihat berbagai jenis ikan, karang, dan biota laut lainnya.

Batu Tiga

Tempat snorkeling ini terletak di sebelah timur Pulau Sangiang. Batu Tiga memiliki keindahan bawah laut yang menakjubkan dengan karang yang masih sangat utuh dan banyak ikan-ikan yang berenang di sekitarnya.

Pulau Jemur

Pulau Jemur merupakan pulau kecil di sebelah utara Pulau Sangiang. Pulau ini terkenal dengan keindahan terumbu karangnya yang masih sangat asri dan menyediakan pemandangan bawah laut yang sangat menakjubkan.

Pastikan untuk membawa peralatan snorkeling seperti kacamata snorkeling, snorkel, dan fin (kaki katak) agar dapat menikmati keindahan bawah laut Pulau Sangiang dengan maksimal. Selalu perhatikan keselamatan dan menjaga kebersihan lingkungan saat melakukan aktivitas snorkeling.

4. Nginap (Bermalam) Di Pasir Panjang

Setelah usai menyelam, Anda bisa bermalam di pantai Pasir Panjang. Di pantai ini Anda akan ditemani oleh berbagai tumbuhan bakau yang memenuhi kawasan ini.

Selain itu pemandangan yang sangat indah adalah dari tebing tinggi dengan panorama Gua Kelelawar.

5. Nginap (Bermalam) Di Pasir Panjang

Setelah usai menyelam, Anda bisa bermalam di pantai Pasir Panjang. Di pantai ini Anda akan ditemani oleh berbagai tumbuhan bakau yang memenuhi kawasan ini.

Selain itu pemandangan yang sangat indah adalah dari tebing tinggi dengan panorama Gua Kelelawar.

6. Atraksi hiu berenang

Jika anda bukan wisatawan yang menyukai tantangan snorkeling, jangan khawatir, karena hanya dengan duduk bersantai di tepian pantai anda akan menikmati pemandangan yang luar biasa yaitu anda akan melihat beberapa kelompok ikan hiu sedang memakan kelelawar.

Lokasi & Rute Perjalanan


Pulau Sangiang adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Selat Sunda, sekitar 15 km di sebelah utara Pelabuhan Carita, Banten, Indonesia. Pulau ini berada di wilayah administratif Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Alamat lengkap Pulau Sangiang adalah sebagai berikut:

Desa Sangiang, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Indonesia. Karena merupakan pulau kecil yang tidak berpenghuni, maka alamat ini mungkin tidak memiliki jalan atau nomor rumah yang spesifik. Namun, Anda dapat mencari informasi lebih lanjut tentang pulau ini melalui sumber-sumber resmi atau menghubungi operator wisata yang menyediakan paket perjalanan ke Pulau Sangiang.

Rute Perjalanan Dari Jakarta-Pulau Sangiang Menggunakan Mobil

Untuk perjalanan dari Jakarta ke Pulau Sangiang menggunakan mobil, berikut adalah rute yang dapat Anda tempuh:

1. Dari Jakarta, Anda dapat mengambil jalan tol Jakarta-Merak dan melanjutkan perjalanan hingga keluar di gerbang tol Merak.

2. Setelah keluar dari gerbang tol Merak, lanjutkan perjalanan ke arah Cilegon dan teruskan perjalanan ke arah Anyer.

3. Setelah sampai di Anyer, Anda dapat mengambil jalan menuju Pelabuhan Carita yang berjarak sekitar 35 km dari Anyer.

4. Setelah sampai di Pelabuhan Carita, Anda dapat menyewa perahu atau speedboat untuk menuju Pulau Sangiang yang berjarak sekitar 15 km dari pelabuhan.

Total jarak perjalanan dari Jakarta ke Pulau Sangiang adalah sekitar 170 km dan dapat memakan waktu sekitar 4-5 jam tergantung kondisi lalu lintas dan cuaca. Pastikan untuk selalu mengikuti aturan lalu lintas dan menjaga keamanan selama perjalanan.

Rute Perjalanan Dari Jakarta-Pulau Sangiang Menggunakan Motor

Untuk perjalanan dari Jakarta ke Pulau Sangiang menggunakan motor, berikut adalah rute yang bisa diikuti:

1. Pertama-tama, Anda perlu mengarahkan motor ke arah barat daya menuju Tangerang.

2. Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke arah selatan ke arah Serang dan terus mengikuti jalan menuju ke arah Cilegon.

3. Setelah melewati Cilegon, lanjutkan perjalanan ke arah barat daya menuju ke Pelabuhan Merak. Di pelabuhan ini, Anda harus membeli tiket kapal untuk menuju ke Pulau Sangiang.

4. Naik kapal dari Pelabuhan Merak menuju ke Pulau Sangiang. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 2 jam tergantung pada kondisi cuaca dan kecepatan kapal.

Setelah tiba di Pulau Sangiang, Anda dapat menjelajahi pulau dengan menyewa motor atau berjalan kaki. Pulau Sangiang terkenal dengan keindahan pantainya dan juga kegiatan snorkeling dan diving di sekitar pulau. Jangan lupa untuk mempersiapkan perbekalan dan perlengkapan yang cukup untuk perjalanan, termasuk juga peta dan GPS untuk memudahkan navigasi. Selamat perjalanan!

Berikut Lokasi Google Maps Pulau Sangiang

Galeri Foto Pulau Sangiang














Sudah tidak diragukan lagi keindahan dan kelebihan yang akan anda dapatkan jika berkunjung ke pulau sangiang.

Meski biaya yang dikeluarkan untuk mengunjungi kawasan ini sedikit mahal dibandingkan mengunjungi tempat lain, namun ketika anda telah melihat keindahan pulau sangiang dijamin Anda tidak akan pernah menyesalinya.

Untuk menghemat biaya, Anda bisa menghemat biaya makan dengan membawa bekal sendiri dari rumah. Karena untuk berwisata ke kawasan ini Anda harus menempuh waktu berjam-jam hingga sehari penuh.

Apalagi jika Anda seorang backpacker, Anda harus menyiapkan sarapan di pagi hari.

Selain itu, Anda tidak memerlukan akomodasi di kawasan ini karena Anda dapat menggunakan tenda sendiri.

Demikian ulasan mengenai wisata pantai Sangiang di Banten. Anda juga bisa mengunjungi Pantai Anyer sebagai tujuan wisata terkenal di Banten. Selamat berlibur!

Demikian artikel Pantai Anyer: Harga Tiket Masuk, Fasilitas & Rute Ke Lokasi 2023

Semoga bermanfaat

(H/S)

Posting Komentar untuk "Pulau Sangiang: Harga Tiket Masuk, Fasilitas & Rute Ke Lokasi 2024"