5 Teknologi Pembuatan Kapal Perang Kuno dari Indonesia

5 TEKNOLOGI PEMBUATAN KAPAL PERANG KUNO DARI INDONESIA

TEROPONG-MEDIA.COM | PENGETAHUAN - Negeri bawah angin adalah julukan untuk negeri-negeri kepulauan di asia tenggara di masa lalu, istilah itu kerap digunakan dalam surat-surat para raja diwilayah tersebut dimasa lalu, dan mereka dikenal sebagai pelaut handal yang mampu menaklukkan lautan dan samudera, selain itu, karena kehidupan mereka tidak lepas dari lautan, mereka pun sangat ahli membuat kapal, apalagi kapal perang, berapa kapal perang yang mereka buat itu mereka merupakan kapal paling canggih pada masanya, yang membuat lawan ketakutan dengan kemunculannya. Diantara kapal perang yang paling melegenda:

1. Kapal Kora-kora (kapal perang paling lincah)

Kapal perang ini dari wilayah paling timur indonesia, tepatnya di maluku, dimana saat itu sultan babullah menguasai hampir seluruh wilayah timur negeri bawah angin, termasuk beberapa kepulauan pasifik, seperti maluku, papua, filipina, polinesia, dll, sampai beliau dijuluki sang penguasa 72 kepulauan. Salah satu kuncinya yaitu beliau tidak terkalahkan dalam perang laut, karena mempunyai salah satu kekuatan paling ampuh yaitu kapal kora-kora, kapal ini dikenal sebagai kapal perang dengan daya aklesrasi yang sangat hebat, dimana itu sangat membantu untuk bergerak lincah didalam perang, tidak heran portugis yang dijuluki penakluk lautan kalah telak dengan kapal ini.

2. Kapal pinisi (kapal perang kecepatan tinggi)

Kapal perang ini berasal dari pulau sulawesi, kapal ini merupakan evolusi dari kapal padewakang, tapi dengan kecepatan lebih tinggi, kerajaan bone, buton, makasar dan gowa-tallo memakai kerap memakai kapal ini dalam, kelebihan kapal ini adalah ini merupakan kapal besar yang mampu membawa senjata tapi disatu waktu kapal ini memiliki kecepatan yang tinggi, suatu yang jarang dipunyai kapal besar. Kecepatan ini menjadi andalan saat mengejar kapal musuh, dan itu beneran mengerikan bagi musuh.

3. Kapal lanting kottamara (kapal perang daratan, benteng terapung)

Kapal unik ini berasal dari pulau kalimantan. Jika sebelumnya kita kapal perang dilautan, sekarang kapal perang didaratan. Karena kapal ini dipakai di sungai, kapal ini sangat unik, karena berbentuk benteng dengan ketebalan 50cm, bahkan didalamnya memiliki penjara, sungguh teknik perkapalan yang tidak terpikirkan pada masanya. Dan dalam peperangan sungai ini sangat bermanfaat, selain dipakai menyerang, dia juga menjadi benteng, seolah kastil perang yang terapung. Kapal ini pernah dipakai oleh suku banjar, melayu dan dayak dalam menghajar VOC

4. Kapal Jung java (kapal perang raksasa dengan daya tahan tinggi, anti-meriam)

Kapal raksasa ini berasal dari pulau jawa. Kapal ini begitu menakutkan pada masanya, karena selain besar dan mampu membawa banyak prajurit dan persenjataan, kapal ini juga tahan akan tembakan meriam, sehingga membuat lawan frustasi, seperti saat melawan portugis dimalaka. Kapal ini bisa dikatakan salah satu teknologi perkapalan paling canggih dizamannya, padahal hanya terbuat dari kayu, tapi tahan tembakan meriam, dan ternyata rahasia kapal produksi galangan jepara ini memakai kayu jati sebagai bahan dasarnya.

5. Kapal Cakra Donya (kapal induk dengan daya serang paling mengerikan didunia)

Kapal perang raksasa ini berasal dari sumatera. Dipakai oleh pasukan elit aceh, setiap kali kapal ini lewat, akan memberi rasa ketakutan karena besarnya kapal ini, bisa dikatakan kapal induk pada masanya, kaeena kapal yang mampu menampung 800-1000 prajurit dengan meriam kelas berat membuatnya sangat ditakuti oleh bangsa eropa, karena daya serangnya dengan mudah menghancurkan kapal lain dan pelabuhan, ditambah setiap kali muncul kerap diiringi dengan suara lonceng yang kerasa, membuat orang eropa menyebutnya espanto del mundo, yang berarti teror dunia.

Nah kapal-kapal inilah yang membuat kerajaan besar negeri bawah angin ini begitu OP dilautan dan menjadi salah satu kekuatan maritim paling kuat didunia pada masanya. Ada banyak kapal lain, tapi disini hanya ditulis kapal-kapal paling menonjol dari masing-masing wilayah Apakah negara kita sekarang akan kembali menjadi poros maritim dunia? Mampukan mereka kembali membangun teknologi perkapalan sehebat dulu? Apakah kapal perang sekarang akan dinamakan dengan nama-nama diatas? Kita lihat saja nanti 

Source: Fauzan Inzaghi

Teropong Media, Melihat Informasi Lebih Jelas -

Posting Komentar untuk "5 Teknologi Pembuatan Kapal Perang Kuno dari Indonesia"