12 Tips Melamar Kerja bagi Fresh Graduate

12 TIPS MELAMAR KERJA BAGI FRESH GRADUATE

TEROPONG-MEDIA.COM - Mencari pekerjaan sebagai fresh graduate bisa menjadi proses yang menantang, tetapi dengan beberapa tips yang tepat, kamu dapat meningkatkan peluang kamua untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan minat Anda. Berikut adalah beberapa tips yang berguna bagi fresh graduate yang mencari pekerjaan:

1.  Kenali Diri Anda

Lakukan refleksi mendalam tentang keahlian, minat, nilai, dan tujuan karier Anda. Pahami apa yang membuat kamu berbeda dari pelamar lainnya dan kembangkan cerita pribadi yang kuat untuk menyampaikan kepada calon pemberi kerja.

2. Perbarui CV dan Portofolio

Pastikan CV kamu mencerminkan pendidikan, proyek-proyek, pengalaman magang, atau pengalaman lain yang relevan. Sertakan portofolio jika memungkinkan untuk menunjukkan karya Anda.

Ketika membuat CV usahakan jangan hanya melampirkan 1 lembar saja. Karena pihak recruiter ingin melihat bagaimana informasi dirimu secara lengkap dari informasi diri, pendidikan hingga pekerjaan.

3. Jaringan dan Koneksi

Manfaatkan jaringan Anda, seperti teman, keluarga, alumni sekolah, atau kolega magang. Terkadang, kesempatan pekerjaan terbaik dapat ditemukan melalui referensi.

Karena jika menggunakan jaringan dan koneksi akan lebih mempermudah kamu dalam mendapatkan pekerjaan berdasarkan referensi.

4. Gunakan Media Sosial dengan Bijaksana

Salah satu media sosial professional yang digunakan oleh jobseeker (para pencari kerja) adalah LinkedIN. Bagi kamu yang belum memiliki akun LinkedIN, silahkan buat terlebih dahulu dan isi profile serta pengalaman kerjamu secara lengkap. Jangan lupa pada status profil diubah menjadi "peluang bekerja". Karena di platform ini banyak recruiter/HRD mencari kandidat yang dibutuhkan, karena LinkedIN adalah platform media sosial untuk mencari pekerjaan dan membuka lowongan kerja.

5. Riset Perusahaan

Sebelum wawancara, pelajari selengkapnya tentang perusahaan dan industri yang ingin kamu masuki. Mengetahui visi, misi, dan nilai perusahaan akan membantu kamu memberikan jawaban yang lebih terarah.

6. Berlatih Wawancara

Persiapkan diri kamu untuk pertanyaan umum dan kritis yang sering diajukan dalam wawancara kerja. Latih juga bahasa tubuh dan komunikasi verbal. Wawancara menjadi penilaian yang penting bagi HRD, maka berlatih untuk proses wawancara sangat dianjurkan untuk dilakukan.

7. Kirimkan Lamaran yang Tepat

Saat mengirim lamaran, pastikan untuk menyesuaikan surat lamaran dan CV sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Jangan mengirimkan lamaran yang generik. Karena jika mengirim lamaran kerja namun tidak sesuai dengan kualifikasi yang kamu miliki kemungkinan besar lamaran yang kamu kirim akan ditolak oleh pihak recruiter. Carilah pekerjaan yang relevan dengan bidang dan keahlian yang kamu miliki.

8. Pertimbangkan Magang atau Freelance

Jika kamu kesulitan mendapatkan pekerjaan penuh waktu, pertimbangkan magang atau pekerjaan freelance sebagai cara untuk membangun portofolio dan pengalaman kerja. Karena umumnya perusahaan jarang menerima karyawan yang masih belum banyak memiliki pengalaman kerja, terutama fresh graduate.

9. Jangan Menyerah

Proses mencari pekerjaan mungkin memakan waktu, dan kamu mungkin menghadapi beberapa penolakan. Tetaplah gigih dan jangan menyerah. Tetap fokus pada tujuan kamu dan terus tingkatkan diri lebih baik lagi. Jadilah kandidat yang dapat bersaing dengan kandidat lainnya dan jangan pernah merasa lemah dan kalah dengan yang lain, sebab inilah tantangan di dunia kerja. terus berjuang dan pantang menyerah.

10.  Kembangkan Keterampilan Tambahan

Gunakan waktu luang kamu untuk mengikuti pelatihan atau kursus untuk meningkatkan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang kamu incar. Karena recruiter akan melihat sertifikasi pelatihan kompetensi yang kamu miliki jika kamu belum memiliki pengalaman kerja yang sesuai kualifikasi lowongan.

11. Bersiaplah untuk Pertanyaan Gaji

Ketika kamu sudah mencapai tahap negosiasi gaji, pastikan kamu telah melakukan riset tentang kisaran gaji untuk posisi dan lokasi kerja yang kamu lamar. Namun ingat! jika kamu belum memiliki pengalaman pekerjaan, janganlah meminta nilai "salary" yang tinggi, jika perlu terima penawaran salary yang diberikan oleh recruiter, namun jika skill dan pengalamanmu sudah bertambah kamu dapat mengajukan kenaikan gaji di tahun setelahnya.

12. Tingkatkan Keterampilan Komunikasi dan Bahasa Asing

Kemampuan komunikasi yang baik dan kemampuan berbahasa asing dapat menjadi nilai tambah yang signifikan dalam banyak pekerjaan. Apalagi di era digitalisasi dan modernisasi saat ini banyak lowongan pekerjaan yang membutuhkan kandidatnya agar dapat berbahasa asing, minimal bahasa inggris. Jadi tidak ada salahnya jika kamu belajar bahasa asing sebagai nilai "plus" pada CV mu.

Ingatlah bahwa mencari pekerjaan memerlukan waktu dan upaya, tetapi dengan kesabaran dan ketekunan, kamu akan dapat menemukan pekerjaan yang cocok dengan potensi dan ambisi kamu sebagai seorang fresh graduate. Selamat mencari pekerjaan dan semoga berhasil sobat tera!

- Teropong Media, Melihat Informasi Lebih Jelas -

Posting Komentar untuk " 12 Tips Melamar Kerja bagi Fresh Graduate"