Ayam Bangkok Wangkas: Asal Muasal, Jenis dan Kelebihannya

AYAM BANGKOK WANGKAS: ASAL MUASAL, JENIS DAN KELEBIHANNYA

TEROPONG-MEDIA.COM | FLORA & FAUNA - Ayam bangkok wangkas memang telah sangat populer disetiap daerah. Akan tetapi dibeberapa wilayah lain ayam ini diberikan julukan yang berbeda, contohnya seperti semprang, wongko& belurang. Umumnya penyebutan itu amat mempengaruhi pada wilayahnya.

Secara garis besar ayam ini sama seperti dengan ayam bangkok. Tetapi dengan keaneka ragam tiap warna bulu yang ada pada tiap ayam mempunyai keistimewaan ataupun keyakinan tertentu. Apalagi hal ini juga sering dikaitkan dengan keyakinan berbentuk katuranggan yang dinilai dari kelebihan yang tidak selalu dipunyai tiap ayam.

Oleh sebab itu tak jarang yang memperkirakan waktu, hari & primbon jawa di area gelanggang ayam. perspektif ini sampai saat ini tengah berlaku buat mereka yang menyakini primbon untuk ayam kesayangannya dapat memenangkan pertandingan.

Karakteristik Ayam Bangkok Wangkas

Sebenarnya istilah wangkas didapat dari penamaan ayam yang mempunyai warna /corak di pada bulu sayapnya. Biasanya, ayam wangkas mempunyai karakteristik wujud yg serupa antara badan dengan bercak kedua sayapnya.

Pemberian nama ini telah terjadi turun temurun dari nenek moyang & tengah berlaku juga dalam menilai keistimewaan ayam itu sendiri. Buat sobat tera yang belum mengenali secara rincinya, berikut kami lampirkan informasi yang kami himpun dari berbagia macam sumber:

- Mempunyai warna tubuh ataupun sayapnya berwarna kuning orange layaknya api yang menyala

- Beberapa jenis yang lain dengan karakteristik khas warna bulu ataupun rawis kemerahan

- Semakin tembus antara bulu, paruh, mata, kaki& sisik jadi keunggulan yang menambah harga jual belinya.

- Postur tubuh tegak & perabotan badan tebal

- Jengger telon ataupun tunggal tegak

- Karakter ayam wongko pula serupa dengan ayam bangkok pada umumnya.

Dari penjelasan yang kami paparkan diatas bahwa pada intinya ciri- ciri fisik ayam wongko sebenarnya masih serupa dengan tipe bangkok yang sering kita jumpai disekitar kita. Jadi janganlah bingung jika masih ada sedikit beberapa perbedaan pendapat bagi para penghobi ayam disetiap daerah.

Pengelompokan Warna Ayam Bangkok Wangkas

Keanekaan ayam wangkas ini menghasilkan perbedaan yang dapat ditandai warna bulu dasarnya atau rawisnya. Sebab amat banyak sekali tipe rupa yang dimilikinya, maka dari itu kita bakal membagikan informasi secara eksplisit (secara terperinci) agar lebih mudah untuk dipahami.

Bisa jadi disebagian wilayah perbedaan ini tidak begitu masalah, namun bisa jadi di daerah lain tetap berlaku meski rupanya nyaris serupa. Apa saja klasifikasinya, yuk lihat penjelasannya di bawah ini:

Ayam Wangkas Putih

Tipe yang awal ini ialah ayam bangkok wangkas putih dimana bukti diri utamanya nyaris seluruuh tubuhnya berbulu putih, tetapi dibagian kedua sayap ataupun ekornya bermotif kuning orange. Dengan begitu menghasilkan karakteristik khas julukan ayam wangkas putih.

Biasanya warna bulu merah ini bakal menyebar baik dari leher, dada, kapak & punggung. Sebagian kecil pula ada diwarna bulu ekor si ayam. Akan tetapi keanekaan warna yang sangat dominan terkait dari aspek umur & genetik indukannya.

Ayam Wangkas Geni

Wangkas geni merupakan ayam yang memiliki karakter warna bulu tubuhnya di dominasi kemerahan. Jadi jika diperinci lagi terdapat kombinasi warna kuning kemerahan yang titik utamanya leher ayam & rawisnya bermotif hitam. Presentase warna memperlihatkan 75% merupakan sangat dominan menurut nama ayam ini.

Walau warna merah jadi simbol dominan, tetapi di bagian lehernya terlihat nyata sekali warna merahnya lebih gelap. Walaupun begitu jika dibanding jenis warna bulu yang lain wayam wangkas ini tetap lebih gagah sebab kombinasi yang matang & badan tinggi.

Walhasil tidak heran jika di gelanggang ayam wangkas geni jadi daya tarik & mengeluarkan karisma. Perihal ini tidak lepas dari warna bulunya yang menandakan psikologis & kekuatan yang tidak terdapat rasa takutnya sama sekali.

Ayam Wangkas Klawu

Setelah itu yang ketiga ini bisa jadi tidak sedemikian itu susah kita temui di wilayah sekitar. Walaupun tidak banyak yang mengoleksi warna wangkas klawu tengah jadi perihal istimewa bila diternak. Mengapa dapat seperti itu? Salah satu faktornya ialah keelokan dari kombinasi 2 jenis warna bulu yang tidak gampang untuk mencetaknya.

Karakteristik khas dari wangkas klawu ialah bulu dasarnya didominasi dengan kelabu & bagian rawis dilengkapi dengan warna wangkas ataupun orange kemerahan. Sering- kali warna kelabu pula kerap timbul pada ayam yang memiliki corak kopi susu ataupun wangkas muda.

Walaupun kekurangannya pada saat bulu tua kelihatan kumal & corak berantakan. Ayam klawu wangkas tengah jadi favorit untuk penghobi ayam bangkok klasik. Karena keistimewaannya tidak hanya dari bentuk tulang & kepadatan badannya. Melainkan gaya pertarungannya pula lumayan merepotkan lawannya.

Ayam Wangkas Emas


Klasifikasi berikutnya ialah ayam wangkas emas yang merupakan tipe bulu ayam sangat banyak disukai & dikejar para penghobi. Gimana tidak keelokan kombinasi bulunya saja jadi daya tarik banyak orang. Maka dari itu dapat dijadikan ayam laga atau hias saja.

Ciri- ciri dari ayam bangkok wangkas emas ialah bulu bawah & rawisnya yang sama dengan emas. Ya betul sekali jadi kuning orange muda yang mengkilap, terlebih bila warnanya tembus menambahkan kelebihan bersumber pada fisiknya.

Biasanya keunggulan ayam wangkas emas ialah pukulan yang keras, ketepatan tepat target, metode tarung tenang tetapi ingin bongkar sayap lawan. Tidak hanya itu stamina fisik nafasnya amat panjang & mentalnya tidak gampang dikalahkan.

Jadi janganlah bingung jika ayam wangkas ini dapat dinilai amat mahal & tidak sedikit yang memelihara buat dijadikan ayam klangenan atau hias. Karna diera modern ini terdapat tipe ayam bangkok yang dipelihara buat festival hias seperti binatang katuranggan di nusantara.

Ayam Wangkas Sapi

Jenis warna bulu ayam bangkok wangkas terakhir ini diberi nama wangkas sapi? Kenapa bisa seperti itu, apakah sebab rupanya mendekati dengan sapi. Iya perihal ini dapat dibenarkan karena penyebutan itu tidak lepas dari kesamaan warna rawis ataupun bagian leher & sayapnya.

Wangkas sapi ciri- ciri fisiknya ialah warna dasarnya terdapat 2 pertama hitam kemudian dilengkapi dengan orange kemerahan. Sebaliknya disisi leher, rawis punggung, sayap & ekornya orange kemerahan tetapi paling petang muncul di bagian luar sayapnya.

Keberagaman seperti terkadang membuat diri kita tertipu karena saking banyaknya & perbedaannya tidak jauh berbeda. Cuma saja ayam bangkok wangkas sapi identing dengan merah bata sebaliknya wangkas geni dominan ke warna gondang alias wangkas petang.

Sedangkan keunggulan dari ayam ini tidak jauh berbeda dengan ayam biasanya. Buat spesifikasi lebih perinci sobat dapat mencari informasi dari silsilah ayam atau bertanya dengan peternaknya langsung. Sebab dari karakter fisik kadang tidak sesuai kualitas aslinya.

Kekurangan Ayam Wangkas

Berbicara masalah kekurangan, pastinya setiap Jenis ayam memiliki kekurangannya masing-masing, Begitupun dengan ayam wangkas. Kira-kira apa yang jadi titik kelemahan dari ayam jenis ini, namun disisi lain aspek pemeliharaan dari pemilik ayam jua amat berarti dengan kualitas ayamnya.

Menurut dongeng yang tersebar bahwa kelemahan dari ayam bangkok wangkas ialah pada saat berkelahi mesti dibawah pohon bambu. Bila tidak, maka mental yang dimiliki sang ayam kurang garang & susah untuk memenangkan pertarungan. Tetapi perihal ini nyatanya tidak sesuai dengan faktanya, sebab ayam wangkas memiiki histori sebagai ayam jawara.

Kelebihan Ayam Bangkok Wangkas

Dari uraian diatas tadi kalau ayam wangkas amat banyak klasifikasi warna bulu. seperti itu pula keistimewaan dari ayam ini sering memberikan pukulan yang mencengangkan & akurasi amat baik. Kemudian dari tekniknya membuat rival kwalahan dengan pukulan keras.

Tidak cuma itu saja tengah banyak lagi keungguan dari ayam wangkas yang tidak kita sadari mempunyai peminat amat banyak diberbagai penjuru tanah air ini, berikut beberapa contohnya.

- Memiiki katuranggan yang bagus

- Dapat dijadikan ayam hias atau laga

- Menurunkan genetikan warna yang kuat

- Mental berkelahi amat dapat diandalakan oleh pemiliknya

- Karakteristik khas berkelahi dengan mayoritas dongkrak, bongkar sayap & pukul samping

- Warnanya amat beraneka ragam & bagus bila disilangkan dengan betina warna hitam rawis, lurik & wiring kuning.

Demikian Informasi mengenai " Ayam Bangkok Wangkas: Asal Muasal, Jenis dan Kelebihannya "

Semoga bermanfaat

(H/S)

Posting Komentar untuk "Ayam Bangkok Wangkas: Asal Muasal, Jenis dan Kelebihannya"