Ayam Birma: Asal Usul, Ciri-ciri, Jenis, Harga, Cara Beternak

 

AYAM BIRMA: ASAL USUL, CIRI-CIRI, JENIS, HARGA, CARA BETERNAK

TEROPONG-MEDIA.COM | FLORA & FAUNA - Ayam Birma adalah ayam aduan yang berasal dari Birma atau Burma atau mungkin dikenal dengan negara Myanmar. salah satu negara tetangga yang masih dalam kesatuan Negara Asean, lebih tepatnya di sebelah Thiland, tempat asal ayam bangkok yang sudah populer di Indonesia. Ayam ini banyak ditemukan di wilayah perkampungan di negeri tersebut. Ayam birma sendiri dibawa ke Indonesia untuk dilakukan perkawinan silang dengan ayam lokal.

Jenis-jenis Ayam Birma

Ada beberapa jenis Ayam birma yang perlu diketahui, berikut penjelasannya:

1. Ayam Birma Original

Ayam birma original memiliki ukuran tubuh yang relatif lebih kecil karena memiliki tulang yang tipis. Bulunya cukup lebar dengan corak bintik kecoklatan dan warna dominan jalak. Kaki ayamnya seperti kaki burung pemakan ikat, padat, keras dan merit.

Selain itu, kelebihan Ayam birma Original ini memiliki tingkat akurasi pukulan hingga 90%.

Sedangkan kekurangan yang dimiliki yaitu beratnya yang tidak sampai 3kg, umurnya diangka 2 hingga 2,75 kg saja.

2. Ayam Birma Gostan

Selanjutnya yaitu Ayam Birma Gostan. Ayam ini merupakan jenis ayam original terbaru dengan memiliki gaya tarung yang khas yakni mundur, menghindar serta melemparkan pukulan.

Biasanya pukulan yang diarahkan yaitu pada bagian kepada, mata, dan paruh lawannya.

3. Ayam Birma Rambong

Ayam Birma Rambong juga termasuk dari jenis Ayam birma Original.

Dalam bertarung, ayam ini memiliki khas bertarung yang unik dan memiliki keunggulan yang cukup lincah baik saat bertarung maupun berjoget.

Disaat bertarung, ayam ini dapat melemparkan pukulan ke titik kelemahan lawannya hanya dengan satu kali pukulan.

4. Ayam Birma Mabin

Jenis Ayam Birma selanjutnya yaitu Birma Mabin. Ayam ini juga memiliki gaya tarung khas yaitu dengan memukul sambil melompat layaknya kuda terbang dan ayam gerakannya sangat lincah.

Selain itu, pukulan ayam birna juga sangat keras dan tepat sasaran

5. Ayam Birma Brazilian

Ayam Birma Brazilian merupakan hasil crossing breeding antara ayam brazil dengan ayam birma. Untuk persentase genetiknya lebih banyak ke ayam birma yaitu 85% dan genetik ayam brasil 15%.

Karater dari ayam ini yaitu tahan daripada pukulan lawannya.

Ciri-ciri Ayam Birma

Setelah kita mengetahui jenis-jenis dari Ayam Birma, selanjutnya yaitu mengenali dari ciri-ciri ayam birma sendiri. Bagaimana ciri-cirinya, berikut penjelasannya:

1. memiliki berat badan hanya 3 kg.hampir sama dengan ayam kampung

2. warna bulu yang mengkilap,berbeda dengan bulu ayam Bangkok yang agak kusam atau kering

3. ayam Birma asli memiliki tanda putih di area telinga,pertanda dia masih benar benar asli

4. Memiliki jengger yang kecil

5. Jari yang lentik dan runcing

6. mata yang cenderung melotot

Cara Beternak Ayam Birma

Ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan saat ingin beternak ayam Birma, berikut tipsnya

1. Pilih indukan yang berkualitas

Tahap pertama yaitu pilihlah indukan yang berkualitas dan bagus. Karena dengan pilihan yang berkualitas akan menentukan hasil yang berkualitas juga.

Bagaimana cara mengetahui indukan yang berkualitas?

Untuk Indukan jantan yang bagus yakni ayam yang sering menang dalam pertarungan, Indukan jantan ini cocok menjadi bibit untuk diternakan.

Selanjutnya untuk indukan betina yang berkualtias, kamu dapat mengetahuinya dari jari-jari yang panjang, jari kaki yang dapat berdiri kokoh dan sorot mata yang tajam.

Ciri lainnya yang mesti diperhatikan yaitu titik putih di dekat telinga, karena ini ciri khususnya.

2. Menjaga kebersihan kandang

Salah satu hal yang mesti diperhatikan adalah kebersihan dan kenyamanan kandang. Karena ini akan mempengaruhi daripada bertumbuhnya sang ayam.

Usahakan kandang ayam selalu bersih walaupun ayam birma tidak untuk dikonsumsi.

Virus dan bakteri merupakan salah satu penyakit yang sering di idap oleh ayam, oleh sebab itu dengan kandang yang bersih akan membuat sang ayam terbebas dari serangan virus dan bakteri.

3. Asupan Makanan

Tips ke-tiga yang mesti diperhatikan khusus yaitu makanan ayam. Makanan ayam mesti diperhatikan agar nutrisinya terpenuhi.

Makanannya mesti seimbang seperti protein, air, lemah dan energi.

Salah satu faktor pemberian pakan yang bernutri adalah ayam akan selalu sehat, gemuk sehingga daging ayam juga banyak.

Jika ayam ini diperuntukkan sebagai koleksi, maka tidak perlu menggunakan vaksin, tetapi jika aduan mesti menggukan vaksin. Manfaat ayam birma yang paling utama yaitu sebagai ayam petarung yang lincah.

4. Umbaran Area

Jika ayam bertelur selalu dikunci dalam kandang, berbeda dengan ayam birma. Ayam birma perlu diumbar dan tidak terus dikurung didalam kandang. Selain itu Ayam birma akan menjadi lincah jika diumbar.

Area umbaran yang bagus yaitu area yang terpapar sinar matahari khususnya disaat pagi hari, sehingga tulang akan menjadi kuat dan mendapat asupan vitamin D dari sinar matahari.

Harga Ayam Birma

Kesimpulan

Ayam Birma merupakan ayam petarung yang cukup ditakuti di arena pertarungan, karna memiliki gaya tarung yang cukup sulit, dibandingkan dengan jenis ayam aduan lainnya, soal mental tak perlu ragu dengan ayam Birma ini.

Walaupun postur tubuh yang kecil namun tak sekecil mental bertarungnya, dengan gaya tarung yang khas yaitu atreed atau mundur tampek dia mampu melawan ayam Bangkok yang besar, dan bisa membuat stres lawannya, alhasil lari tanpa permisi lawannya, berikut ciri ayam Birma asli belum ada proses Silangan

Teropong Media, Melihat Informasi Lebih Jelas -

Posting Komentar untuk "Ayam Birma: Asal Usul, Ciri-ciri, Jenis, Harga, Cara Beternak"