Obat Trimezyn Ayam: Kegunaan, Cara Pemberian, Harga

OBAT TRIMEZYN AYAM: KEGUNAAN, CARA PEMBERIAN, HARGA

TEROPONG-MEDIA.COM | FAUNA - Trimezyn ayam adalah obat yang digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit pada unggas, terutama ayam. Obat ini termasuk dalam kategori antibiotik yang efektif untuk mengobati infeksi bakteri seperti berak kapur, snot, dan masih banyak lagi. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan ulasan lengkap mengenai produk obat Trimezyn serbuk dan kaplet agar informasinya tidak simpang siur bagi sobat duniabinatang.

Mari kita bahas lebih detail mengenai kandungan dan manfaat dari Trimezyn ayam. Terdapat dua jenis obat yang sama, jadi kita perlu mempelajari masing-masing dengan detail agar penggunaannya dapat maksimal sesuai dengan indikasi penyakit pada ayam tersebut.

Kandungan Trimezyn Serbuk

Trimezyn serbuk mengandung sulfadiazine dan trimethoprim, yang bekerja bersama-sama melawan bakteri gram negatif dan positif seperti Pasteurella sp, Salmonella, Escherichia coli, dan Haemophilus. Kombinasi kandungan ini akan menghambat pertumbuhan asam folat yang dibutuhkan oleh protein sintesis, sehingga menghambat perkembangan bakteri dalam tubuh ayam.

Kandungan Trimezyn Kaplet Medion

Sementara itu, Trimezyn kaplet Medion merupakan kombinasi antara obat sulfa dan trimethoprim. Kandungan ini bekerjasama untuk memperkuat daya tahan tubuh ayam terhadap semua jenis bakteri gram negatif dan positif. Contoh pengobatan yang bisa diberikan adalah untuk hewan ternak yang mengalami ngorok, mencret kuning, dan pullorum.

Dengan adanya kedua jenis obat ini, sobat bisa memilih sesuai kebutuhan dalam penanganan ayam yang sakit. Mengenai dosis dan aturan pakainya, dapat dilihat pada keterangan di bawah ini.

Cara Pemberian Obat Trimezyn Pada Ayam

Dalam dunia ternak, prinsip pengobatan adalah mendapatkan hasil maksimal dengan memberikan dosis yang telah ditentukan pada setiap leaftleat atau kemasan obatnya. Dosis yang dianjurkan untuk Trimezyn serbuk adalah sesuai dengan bobot ayam. Sebagai contoh, jika populasi ayam ada 10 ekor dengan bobot masing-masing 1 kg, maka dosis yang diperlukan adalah 0,1 gram per kg bobotnya. Jadi, setiap harinya dibutuhkan 1 gram serbuk, dan diaplikasikan selama 3 hari dengan total 3 gram. Waktu pemberian yang dianjurkan adalah pagi jam 07 atau sore hari sekitar jam 3 sore.

Sementara itu, untuk Trimezyn kaplet, dosis yang dianjurkan adalah 1/2 kaplet per hari untuk anakan dan 1 kaplet per hari untuk ayam dewasa. Pengaplikasian ini dapat dilakukan selama 3-5 hari berturut-turut.

Itulah sedikit informasi mengenai cara pemberian obat Trimezyn dari kami. Jika dalam 3-5 hari tidak ada perubahan, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mendapatkan penanganan medis yang lebih lanjut.

Jadi, jangan ragu untuk menggunakan Trimezyn ayam sebagai solusi untuk mengatasi berbagai penyakit pada unggas, terutama ayam. Dengan dosis yang tepat dan penggunaan yang benar, ayam kesayangan sobat akan segera pulih dan sehat kembali.

Manfaat Obat Trimezyn


Khasiat dari pengobatan pada hewan ternak seperti ayam, burung, dan lainnya memang sangat penting untuk menjaga kesehatan mereka. Terlebih lagi, obat Trimezyn Ayam ini terbukti sangat efektif dalam menumpas berbagai jenis penyakit yang sifatnya umum, baik itu disebabkan oleh perubahan cuaca maupun cara perawatan yang tidak maksimal.

Tapi tunggu dulu, manfaat Trimezyn Ayam ini tak hanya sampai di situ saja. Ada banyak lagi kegunaannya yang sudah kami rangkum dengan cermat. Yuk, simak di bawah ini:

1. Mencegah Ayam Sakit saat Musim Panca Roba

Musim panca roba atau masa peralihan musim memang seringkali menjadi momok bagi para peternak ayam. Namun, dengan menggunakan Trimezyn Ayam, Anda dapat mencegah ayam-ayam Anda dari sakit yang disebabkan oleh perubahan musim yang ekstrem.

2. Mengobati Sistem Pencernaan yang Tidak Sehat

Terkadang, ayam-ayam kita mengalami gangguan pada sistem pencernaan mereka. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti fowl thyphoid, kolera, atau berak kapur. Tetapi jangan khawatir, Trimezyn Ayam dapat membantu menyembuhkan sistem pencernaan ayam yang tidak sehat dengan cepat dan efektif.

3. Menyembuhkan Ayam yang Sakit Ngorok, Pilek, dan Snot

Ayam yang mengalami masalah pernapasan seperti ngorok, pilek, dan snot membutuhkan perawatan yang tepat agar segera sembuh. Dengan menggunakan Trimezyn Ayam, Anda dapat menyembuhkan ayam-ayam Anda dengan cepat dan membuat mereka kembali sehat seperti sediakala.

Efek Samping Trimezyn

Namun, seperti halnya dengan obat-obatan lainnya, penggunaan Trimezyn pada ayam juga dapat menyebabkan beberapa efek samping. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi antara lain diare, muntah, kehilangan nafsu makan, dan terjadinya resistensi bakteri terhadap obat ini.

Untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan sebelum menggunakan obat ini. Dokter hewan akan memberikan instruksi yang tepat mengenai dosis dan cara penggunaan yang sesuai untuk ayam-ayam Anda.

Harga Obat Trimezyn

Harga Trimezyn juga sangat terjangkau dan mudah ditemukan di toko pakan ternak terdekat. Untuk harga Trimezyn-S dan kaplet, harganya berkisar antara 3-20 ribu rupiah tergantung pada kemasan yang Anda pilih.

- Teropong Media, Melihat Informasi Lebih Jelas -

Posting Komentar untuk "Obat Trimezyn Ayam: Kegunaan, Cara Pemberian, Harga"