Susanto Megaranto Juara Catur di Filipina

SUSANTO MEGARANTO JUARA CATUR DI FILIPINA

TEROPONG-MEDIA.COM | OLAHRAGA - Babak terakhir Kamatyas Invitational GM 2023 antara GM Susanto Megaranto (2495) vs IM Michael Concio Jr (2403) berakhir dengan remis dalam 14 langkah tadi siang.

Dengan demikian Susanto tampil sebagai juara dengan torehan 6½ poin dari sembilan babak hasil dari 4 kali menang dan 5 kali remis.

Pecatur Indonesia ini unggul satu poin penuh dari peringkat kedua yang ditempat oleh GM John Paul Gomez (2412) dengan 5½ poin.

IM Daniel Quizon (2415) yang diharapkan mampu meraih norma GM ketiganya di turnamen ini gagal karena hanya mencetak 5 poin.

WIM Miaoyi Lu (2281) mejadi peserta yang paling menderita setelah hanya mampu bermain remis 2 kali dan kalah 7 kali.

Sebagai juara, Susanto berhak mendapat hadiah uang sebesar USD 4.000 atau sekitar 62 juta rupiah, dua setengah kali lipat dari hadiah turnamen RKBN International Chess Championship 2023 di Medan.

Ini untuk kedua kalinya pecatur Indonesia mengguncang Filipina setelah tiga hari lalu FM Arif Abdul Hafiz menjuarai Manny Pacquiao Open 2023.

Profil Susanto Megaranto

Susanto Megaranto (lahir 8 Oktober 1987) adalah seorang pecatur professional dari Indonesia. Pada tahun 2004, dia mencetak sejarah sebagai orang Indonesia termuda yang berhasil meraih gelar Grandmaster (GM) pada usia 17 tahun. Dia bahkan berhasil mengalahkan rekor legenda catur Indonesia, Utut Adianto, yang menjadi Grandmaster pada usia 21 tahun.

Selain itu, Susanto juga telah menunjukkan kehebatannya dalam Kejuaraan Catur Indonesia. Dia berhasil memenangkan gelar juara empat kali berturut-turut dari tahun 2006 hingga 2010. Ini membuktikan bahwa dia adalah salah satu pecatur terbaik di tanah air kita.

Tentu saja, prestasi ini tidak datang dengan mudah. Susanto harus bekerja keras dan melatih kemampuannya secara intensif untuk mencapai level ini. Dia telah menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari strategi dan taktik catur, serta berlatih dengan keras melawan lawan-lawan tangguh. Dedikasinya yang tinggi dan semangat juangnya patut diacungi jempol.

Photo: Kamatyas

Sumber: Hasiholan Siregar

Editor: Hendra Setiawan

(H/S)

Posting Komentar untuk "Susanto Megaranto Juara Catur di Filipina"