Pesantren Lirboyo Netral Pada Pilpres 2024

PESANTREN LIRBOYO NETRAL PADA PILPRES 2024

TEROPONG-MEDIA.COM | POLITIK - Beredar video mengenai dukungan Ponpes Lirboyo kepada salah satu paslon presiden 2024. Video tersebut berisi ajakan kepada santri-santriwati untuk memenangkan paslon nomor urut 1 (Anies-Cak Imin).

Kyai Fajar Abdul Bashir selaku Pengasuh Ponpes Arrisalah Bantul, Jogjakarta melalui laman facebooknya memberikan klarifikasi perihal video yang beredar, Rabu (20/12/23).

Dalam status facebooknya, Kyai Fajar menjelaskan ada beberapa catatan dari intisari Tausiyah yang disampaikan oleh Kyai Kafabihi Mahrus kepada Himasal dan Muhibbin di Pondok Pesantren Daarut Taufiq Muncar, Banyuwangi, Rabu (20/12/23). Beberapa poin tersebut diantaranya,

1. Santri Lirboyo saat ini mencapai sekitar 45rb. Di pondok unit sebanyak 23 unit

2. Santri harus selalu menjaga hubungan dengan pesantren, baik 'alaqah Dzohiriyyah, lebih-lebih alaqoh Bathiniyyah. 

3. مَنْ عَلِمَ وَعَمِلَ وَعَلَّمَ فَهُوَ الَّذِيْ يُدْعَى عَظِيْمًا فِي مَلَكُوْتِ السَّمَوَاتِ

4. Orang yang aktif hadir di majlis Ilmu, maka InsyaAllah anaknya dijadikan ahli ilmu

5. Terkait perbedaan pilihan jangan sampe berimbas terhadap keharaman, seperti Putusnya silaturrahim.

6. Jika Ulama masuk politik maka jangan sampai menimbulkan permusuhan tapi justru harus bertindak sebagai perekat ummat.

7. LIRBOYO NETRAL dalam PILPRES

8. Tidak ada kebaikan dalam perbuatan baik yang tidak berkelanjutan (tidak istiqamah); bahkan perbuatan buruk yang tidak berkelanjutan itu lebih baik daripada kebaikan yang tidak berkelanjutan

لا خير في خير لا يدوم بل شر لا يدوم خير من خير لا يدوم

Dalam beberapa poin diatas tidak dijelaskan secara spesifik pesantren Lirboyo mendukung paslon tertentu dan menyatakan netral dalam pilpres tahun mendatang.

Adapun video yang beredar merupakan sikap pribadi dari romo, kyai yang menyampaikan pendapatnya dan tidak mewakili dari Ponpes Lirboyo.

Source: Kyai Fajar Abdul Bashir

(H/S)

Posting Komentar untuk "Pesantren Lirboyo Netral Pada Pilpres 2024"