Sebelum memelihara, Perhatikan 3 Kelebihan dan Kekurangan Ikan Cupang

SEBELUM MEMELIHARA, PERHATIKAN 3 KELEBIHAN DAN KEKURANGAN IKAN CUPANG

TEROPONG-MEDIA.COM | FLORA & FAUNA - Banyak yang mengatakan bahwa Memelihara ikan hias memiliki banyak keuntungan, hal tersebut benar adanya. Banyak yang didapatkan ketika memelihara ikan hias salah satunya menambah teman. Salah satu jenis ikan hias yang banyak dipelihara adalah ikan cupang, tentu ikan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipelajari sebelum memeliharanya.

Dari segi perawatan, ikan ini memiliki cara perawatan yang mudah dan sulit. Pasalnya, ikan yang dikenal mudah berkelahi ini dijadikan hewan peliharaan hias oleh masyarakat Indonesia. Tentu saja, jika perawatannya sulit, tidak banyak orang yang akan memutuskan untuk merawatnya. Keberadaan ikan ini juga mudah ditemukan. Di setiap daerah banyak yang menjual ikan ini dengan berbagai jenis. Sebelum masuk pembahasan keunggulan dan kekurangan ikan cupang, maka kita tahu terlebih dahulu asal usul dari ikan ini.

Ikan cupang (Betta sp.) adalah jenis ikan air tawar yang berasal dari Asia Tenggara, terutama dari wilayah Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Ikan cupang populer di kalangan penggemar ikan hias karena keindahan warna dan bentuk siripnya yang unik. Ikan cupang dikenal juga dengan sebutan ikan betta, dan sering dipelihara sebagai ikan hias dalam akuarium kecil atau dalam wadah kaca yang disebut sebagai "ikan cupang tempurung".

Keunggulan Ikan Cupang

1. memiliki banyak jenis dan bentuk

Kelebihan dan kekurangan ikan cupang yang pertama adalah memiliki banyak jenis dan bentuk. Hal ini memudahkan pemiliknya untuk menikmatinya. Berbagai jenis ikan cupang bisa dikoleksi dan dipelihara. Warna siripnya juga berbeda dan memberikan kesan yang indah.

2. Harga terjangkau

Ikan cupang banyak dijual dengan harga yang sangat murah karena ikan ini mudah didapat. Namun, untuk jenis ikan cupang tertentu dengan jenis yang berbeda, tentunya yang sudah dirawat dengan baik harganya bisa mencapai jutaan. Ini juga bisa menjadi keuntungan, yang bisa menambah penghasilan tambahan Anda jika Anda tahu cara merawatnya.

3. Memiliki gerakan agresif

Mungkin ini bisa jadi kelebihan dan kekurangan ikan cupang sekaligus. Ikan hias yang agresif akan semakin indah dipandang. Namun memiliki kekurangan karena tidak mudah dipadukan dengan ikan lain.

Kekurangan ikan cupang

1. Ikan cupang tergantung pada keasaman air

Ikan cupang memiliki kekurangan yaitu sangat bergantung pada keasaman air. Oleh karena itu, ikan ini mudah mati jika keasaman air kolam tidak mencukupi. Peran obat ikan biru yang banyak dijual dapat menjadi solusi dari kekurangan tersebut. Jadi bagi kamu yang ingin merawat ikan ini, harus ekstra hati-hati dan diperhatikan keasaman airnya yah sob.

2. Tidak mudah tumbuh

Kelebihan dan kekurangan ikan cupang lainnya adalah ikan ini tidak mudah dibudidayakan. Karena sangat agresif, ikan cupang betina sering memakan telurnya sendiri, sedangkan ikan cupang jantan ketika memiliki telur cenderung ingin mendominasi telurnya sendiri untuk menyingkirkan betina.

3. Ini tidak sepopuler negara lain

Di Indonesia, budidaya ikan cupang belum sepopuler di negara lain seperti Thailand. Cukup sulit untuk mengenalkan ikan ini. Di Thailand, banyak kompetisi diadakan untuk meningkatkan popularitas ikan cupang. Bisa dibilang, kompetisi ini merupakan suatu tradisi rutin yang diadakan di negeri gajah tersebut.

Semoga ulasan kelebihan dan kekurangan ikan cupang di atas bermanfaat dan menambah informasi untuk Anda.

(H/S)

Posting Komentar untuk "Sebelum memelihara, Perhatikan 3 Kelebihan dan Kekurangan Ikan Cupang"