Kampung Naga: Harga Tiket Masuk, Fasilitas & Rute Ke Lokasi 2024

KAMPUNG NAGA: HARGA TIKET MASUK, FASILITAS & RUTE KE LOKASI 2024

TEROPONG-MEDIA.COM | TRAVEL - Kampung Naga adalah sebuah desa wisata yang terletak di Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Desa ini terkenal karena keunikannya yang mempertahankan budaya dan tradisi yang telah berlangsung selama berabad-abad.

Kampung Naga adalah salah satu contoh dari masyarakat adat yang masih bertahan di Indonesia. Desa ini dikenal dengan kearifan lokal yang dipraktikkan oleh penduduknya dalam kehidupan sehari-hari. Di sini, penduduknya masih mengikuti tradisi lama dan hidup dengan sederhana dan bersahaja.

Desa ini juga terkenal dengan arsitektur rumah adatnya yang khas, yaitu rumah panggung dengan atap jerami yang disebut "sunduk rancag". Selain itu, desa ini juga memiliki sebuah masjid kuno yang sangat terkenal dengan arsitektur kayunya yang masih asli.

Kampung Naga menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan yang ingin mengetahui lebih dekat tentang budaya dan tradisi masyarakat adat Indonesia.

Fasilitas Kampung Naga

Kampung Naga adalah desa wisata yang masih mempertahankan tradisi dan budaya yang khas, sehingga fasilitas yang tersedia di sana sangat sederhana dan tidak sebanyak yang tersedia di kota-kota besar. Namun, beberapa fasilitas yang tersedia di Kampung Naga antara lain:

Rumah-rumah adat: Kampung Naga terkenal dengan rumah-rumah adatnya yang khas, yaitu rumah panggung dengan atap jerami yang disebut "sunduk rancag". Wisatawan dapat melihat dan mempelajari cara pembuatan dan penggunaan rumah-rumah adat tersebut.

Masjid: Desa ini memiliki sebuah masjid kuno yang sangat terkenal dengan arsitektur kayunya yang masih asli.

Warung makan: Di kampung ini, terdapat beberapa warung makan sederhana yang menjual makanan khas daerah, seperti nasi timbel, pepes ikan, dan lain-lain.

Tempat parkir: Di kampung ini juga terdapat area parkir untuk mobil dan sepeda motor bagi wisatawan yang datang berkunjung.

Toilet: Ada beberapa tempat toilet umum yang disediakan bagi wisatawan.

Namun, perlu diingat bahwa Kampung Naga merupakan desa wisata yang sangat memperhatikan kelestarian alam dan budaya, sehingga tidak ada hotel atau penginapan di sana. Jadi, jika ingin menginap di sana, wisatawan dapat membawa tenda atau berkemah di area yang sudah disediakan.

Jam Operasional Kampung Naga

Kampung Naga buka setiap hari untuk dikunjungi oleh wisatawan. Jam operasional kampung naga dari jam 09.00-18.00.

Tiket Masuk Kampung Naga


Harga tiket masuk Kampung Naga adalah Seikhlasnya. Namun wisatawan akan diberikan pemandu, narasumber dan makan per-orang. Berikut harganya:

Harga Tiket Masuk: Seikhlasnya
Pemandu. Rp.150,000
Narasumber: Rp. 300,000
Makan Per orang (1 Kali): Rp.35,000
Biaya Parkir Motor: Rp.3,000
Biaya Parkir Mobil: Rp.10,000
Biaya Parkir ELF: Rp.15,000
Biaya Parkir Mini Bus: Rp.25,000
Biaya Parkir Bus: Rp.40,000

Lokasi & Rute Perjalanan ke Kampung Naga


Kampung Naga terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Alamat lengkapnya adalah sebagai berikut:

Kampung Naga,
Desa Neglasari, Kecamatan Salawu,
Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat,
Indonesia.

Untuk menuju ke Kampung Naga, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum, dan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak sejauh kurang lebih 1 km dari parkiran. Selain itu, untuk pengunjung yang berasal dari luar daerah atau luar negeri, dapat meminta bantuan dari agen wisata atau tour guide setempat untuk memudahkan perjalanan ke Kampung Naga.

Berikut adalah rute naik bis, kereta, motor, dan mobil pribadi dari Jakarta ke Kampung Naga:

Rute Perjalanan Dari Jakarta-Kampung Naga Menggunakan Trasportasi Umum

Dari Terminal Kampung Rambutan Jakarta, naik bis dengan jurusan Jakarta - Tasikmalaya.
Turun di Terminal Tasikmalaya, kemudian dilanjutkan dengan naik bis atau angkutan desa dengan jurusan Tasikmalaya - Salawu. Turun di terminal Salawu, kemudian dilanjutkan dengan naik ojek atau angkutan desa ke Kampung Naga.

Rute Perjalanan Dari Jakarta-Kampung Naga Menggunakan Kereta

Dari Stasiun Gambir Jakarta, naik kereta dengan jurusan Jakarta - Tasikmalaya.
Turun di Stasiun Tasikmalaya, kemudian dilanjutkan dengan naik bis atau angkutan desa dengan jurusan Tasikmalaya - Salawu. Turun di terminal Salawu, kemudian dilanjutkan dengan naik ojek atau angkutan desa ke Kampung Naga.

Rute Perjalanan Dari Jakarta-Kampung Naga Menggunakan Mobil

Dari Jakarta, arahkan kendaraan ke arah Tol Jakarta - Cikampek.
Keluar dari Tol Cikampek dan arahkan kendaraan ke Tol Palimanan - Kanci.
Keluar dari Tol Palimanan - Kanci dan arahkan kendaraan ke Tasikmalaya.
Dari Tasikmalaya, arahkan kendaraan ke arah Salawu.

Di Salawu, kendaraan dapat diparkir di parkiran khusus, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak menuju Kampung Naga.

Rute Perjalanan Dari Jakarta-Kampung Naga Menggunakan Motor

Dari Jakarta, arahkan kendaraan ke arah Cianjur.
Melalui Cianjur, arahkan kendaraan ke arah Pangandaran.
Setelah melewati Pangandaran, arahkan kendaraan ke arah Tasikmalaya.
Dari Tasikmalaya, arahkan kendaraan ke arah Salawu.
Di Salawu, kendaraan dapat diparkir di parkiran khusus, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak menuju Kampung Naga.

Berikut Lokasi Google Maps Kampung Naga:

Galeri Foto Kampung Naga













Demikian artikel Kampung Naga: Harga Tiket Masuk, Fasilitas & Rute Ke Lokasi 2023

Semoga bermanfaat

(H/S)

Posting Komentar untuk "Kampung Naga: Harga Tiket Masuk, Fasilitas & Rute Ke Lokasi 2024"