Apa itu Bitcoin: Pengertian, Harga, Nilai Kapitalisasi dan Cara Kerjanya

APA ITU BITCOIN: PENGERTIAN, HARGA, NILAI KAPITALISASI DAN CARA KERJANYA

TEROPONG-MEDIA.COM | PENGETAHUAN - Beberapa bulan yang lalu salah satu mata uang digital Bitcoin viral di media sosial. Banyak yang belum mengetahui apa itu Bitcoin dan bagaimana cara penggunaannya, oleh karena itu melalui artikel ini kami akan menjelaskan Pengertian, Harga dan Cara kerja bitcoin. Simak selengkapnya melalui tulisan dibawah ini yuk sobat tera:

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin adalah mata uang digital yang diciptakan pada tahun 2009 oleh seseorang yang menggunakan nama samaran "Satoshi Nakamoto". Bitcoin menggunakan teknologi blockchain untuk memfasilitasi transaksi dan untuk mengelola basis data publik yang tersebar secara global.

Bitcoin dianggap sebagai mata uang kripto yang terdesentralisasi, artinya tidak dikontrol oleh bank sentral atau pemerintah tertentu, dan transaksinya dilakukan secara langsung antara pengguna tanpa perantara. Bitcoin juga memiliki kapitalisasi pasar yang besar, yang membuatnya menjadi salah satu aset investasi yang populer.

Namun, penggunaan Bitcoin juga kontroversial karena keamanannya yang masih rentan terhadap serangan siber dan penggunaan Bitcoin dalam aktivitas ilegal. Karena itu, regulasi dan pandangan masyarakat terhadap Bitcoin bervariasi di berbagai negara.

Harga Bitcoin

Harga pertama kali Bitcoin ditransaksikan pada tahun 2009 hampir tidak ada nilainya, karena pada saat itu Bitcoin baru diluncurkan dan belum dikenal oleh banyak orang. Pada tanggal 5 Oktober 2009, seorang pengguna Bitcoin membeli 2 pizza dengan 10.000 Bitcoin. Jadi, pada saat itu harga Bitcoin sekitar $0,0001 per koin.

Setelah beberapa tahun berlalu, harga Bitcoin mulai naik dan pada tahun 2011, harga Bitcoin mencapai $1 per koin. Kemudian, pada Desember 2017, harga Bitcoin mencapai puncaknya hingga hampir $20.000 per koin. Namun, harga Bitcoin sangat fluktuatif dan terus berubah tergantung pada permintaan dan penawaran pasar.

Nilai Kapitalisasi Bitcoin

Untuk memberikan informasi terbaru, nilai kapitalisasi Bitcoin pada tanggal 14 Maret 2023 adalah sekitar $1,1 triliun USD. Kapitalisasi pasar Bitcoin adalah jumlah total nilai dari semua Bitcoin yang beredar saat ini, dikalikan dengan harga pasar Bitcoin. Kapitalisasi pasar dapat berubah-ubah tergantung pada fluktuasi harga Bitcoin dan juga ketersediaan pasokan Bitcoin yang beredar. Seiring dengan popularitas Bitcoin dan mata uang kripto lainnya, kapitalisasi pasar juga terus berkembang dan meningkat.

Cara Kerja Bitcoin

Bitcoin menggunakan teknologi blockchain, yang merupakan basis data terdesentralisasi yang terdiri dari banyak node atau komputer di seluruh jaringan. Setiap transaksi Bitcoin dicatat dalam blok-blok data dalam blockchain, dan setiap blok saling terhubung secara kronologis.

Setiap kali ada transaksi Bitcoin, informasi tentang transaksi tersebut dikirim ke seluruh node dalam jaringan Bitcoin. Setelah itu, para penambang Bitcoin (miners) akan memverifikasi dan mengumpulkan transaksi-transaksi tersebut ke dalam blok yang baru. Untuk memverifikasi transaksi, para penambang harus memecahkan algoritma matematika yang kompleks, dan setelah blok berhasil ditambahkan ke blockchain, para penambang akan menerima imbalan dalam bentuk Bitcoin sebagai penghargaan.

Selain itu, Bitcoin juga memiliki sistem keamanan yang kuat, karena setiap transaksi dalam blockchain Bitcoin dilindungi dengan kunci publik dan kunci pribadi yang unik. Kunci publik digunakan untuk mengirim dan menerima Bitcoin, sedangkan kunci pribadi digunakan untuk mengesahkan dan memproses transaksi.

Dalam keseluruhan, cara kerja Bitcoin adalah sebuah jaringan terdesentralisasi yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima Bitcoin secara langsung tanpa melalui perantara, dengan memanfaatkan teknologi blockchain dan sistem keamanan yang canggih.

Semoga bermanfaat

(H/S)

Posting Komentar untuk "Apa itu Bitcoin: Pengertian, Harga, Nilai Kapitalisasi dan Cara Kerjanya"